Usaha Sampingan Untuk Karyawan Seperti Anda

Karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan, seringkali masih ingin mempunyai penghasilan tambahan selain dari gaji dari perusahaan. Salah satu caranya adalah dengan mempunyai usaha sampingan sendiri. Meskipun berada pada perusahaan cukup besar dan mempunyai gaji yang besar, seringkali muncul kejenuhan pada diri karyawan dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari. Mereka seringkali mencari aktivitas lain sekaligus menambah penghasilan dengan memanfaatkan waktu luang sepulang dari kantor. 
Sebenarnya, memulai usaha saat berstatus sebagai karyawan mempunyai kelebihan sendiri dibandingkan yang berstatus bebas non pegawai. Yang paling terasa adalah risiko keuangan. Apabila kita memulai usaha dalam posisi sebagai pengangguran dan bermodal kecil, akan mendapat guncangan hebat saat terjadi kondisi yang tidak diinginkan  pada usaha kita. Misalkan saat pertama buka, usaha kita masih sepi padahal investasi yang kita keluarkan cukup banyak. pendapatan belum ada, tapi pengeluaran terus terjadi. Akhirnya pilihan terakhir menutup usaha dan menjual aset untuk menutupi kerugian. Hal semacam ini sering terjadi kepada pebisnis pemula dengan modal kecil. Berbeda halnya saat berstatus sebagai karyawan, saat kondisi finansial sulit, masih ada backing dana dari gaji bulanan, sehingga usaha masih tetap terus berjalan. 
Peluang Usaha Sampingan Terbaik Untuk Karyawan
Peluang Usaha Sampingan Terbaik Untuk Karyawan
Dalam memutuskan usaha sampingan apa yang cocok dilakukan oleh karyawan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :  1) Dapat dilakukan  setelah pulang kerja,  2) Bisa didelegasikan kepada orang lain, 3) minim risiko dan mudah dalam pelaksanaan 4) Berhubungan dengan hobi dan keahlian,  5) Bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun tidak terikat waktu.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa usaha sampingan terbaik untuk  karyawan, berdasarkan 5 kriteria di atas :

1. Dapat Dilakukan  Setelah Pulang Kerja

Tidak semua usaha bisa dikerjakan paruh waktu atau setelah pulang kerja di kantor. kebanyakan jenis usaha yang ada membutuhkan waktu full time dan perhatian seratus persen dari pemiliknya. Tetapi ada beberapa usaha yang ternyata bisa kita kerjakan di luar jam kerja utama sebagai karyawan. Peluang usaha itu adalah jenis Bisnis Online. Ya benar, dengan bisnis online, kita bisa memaksimalkan waktu luang kita untuk membangun kerajaan dan aset bisnis kita melalui internet. 

Banyak sekali usaha online yang bisa kita buka misalkan : Jasa pembuatan website, jasa SEO, atau menjadi publisher adsense. Meskipun dilakukan secara sampingan, bukan berarti penghasilan yang kita peroleh dengan bisnis online adalah recehan.  Sudah banyak teman saya yang awalnya iseng bisnis online sebagai pekerjaan sampingan, malah memutuskan berhenti bekerja dan menekuni bisnis online sebagai pekerjaan utama. Hal ini mungkin dan sangat banyak terjadi karena potensi penghasilan pada bisnis online tidak terbatas banyaknya. Di samping itu, prospek bisnis ini di masa depan sangat menjanjikan, dimana segala sesuatunya akan menjadi serba digital dan berbasis online.


2. Bisa Didelegasikan Kepada Orang Lain

Dengan mempunyai bisnis model ini, kita mempunyai progesi ganda, yaitu sebagai karyawan di perusahaan dan profesi sebagai bos di usaha yang kita miliki sendiri. Agar hal tersebut bisa terjadi kita perlu memilih usaha sampingan yang bisa didelegasikan kepada orang lain. Siapa orang lain tersebut? ya siapa lagi kalau bukan karyawan kita. Jenis usaha sampingan jenis ini adalah Jenis usaha waralaba. Usaha waralaba yang bagus kita pilih adalah jenis waralaba makanan atau minuman dengan modal invetasi antara 5-10 juta. 

Waralaba jenis minuman banyak sekali yang populer di masyarakat adalah waralaba teh dan kopi. Banyak sekali merek terkenal dengan biaya investasi yang terjangkau. Yang penting anda perhatikan dalam menjalankan usaha ini adalah lokasi dimana anda membuka gerobak anda, tempatkan lah di pusat keramaian seperti mall atau pasar, maka sudah bisa dipastikan anda menuai keuntungan berlipat secara cepat. Bisnis waralaba minuman ini memang banyak  diminati pelau usaha. Katanya, keuntungan usaha ini mencapai 100 persen dengan tingkat ROI yang sangat cepat. 

Bagi anda karyawan yang ingin segera mempunyai usaha sampingan, waralaba minuman adalah salah satu pilihan paling tepat. Anda tidak akan direpotkan dengan hal-hal teknis dan kerepotan membuat sistem usaha dari nol. Karena dengan membeli waralaba semua nya sudah disiapkan dan tinggal jalan. Hal ini yamg membuat bisnis waralaba minuman dengan investasi murah menjadi favorite bagi karyawan yang memulai usaha sampingan.

Artikel terkait : Bisnis Waralaba

3. Minim Risiko dan Mudah Dalam Pelaksanaan

Selain bisnis waralaba yang termasuk minim risiko dan mudah dalam pelaksanaan, ternyata masih ada jenis usaha sampingan lainnya yang masuk kriteria yaitu usaha tenak unggas khususnya ayam. Jika anda mempunyai lahan yang cukup di rumah, anda bisa memanfaatkannnya untuk tempat beternak ayam.

Tidak perlu keterampilan khusus untuk beternak ayam, caranya cukup simple dan yang pasti tidak banyak menghabiskan waktu anda. Dalam pemasaran, menjual  ayam juga mudah dengan harga standar, anda bisa menikmati hasilnya 2-3 bulan sekali.

4. Berhubungan Dengan Hobi dan Keahlian

Memulai usaha dari hobi adalah hal yang diinginkan oleh banyak orang. Selain bisa mnyalurkan kesenangan setiap hari, juga bisa mengalirkan rupiah ke kantong kita. Anda bisa memulai usaha jenis ini sebagai usaha sampingan anda. Enaknya kalau usaha yang sesuai hobi kita, rasa capek sering tidak kita rasakan. Misal kita hobi dan jago bermain musik, kita bisa membuka usaha studio musik. kalau kita hobi masak, bisa membuka usaha catering makanan atau membuat aneka kue. Atau mungkin anda hobi menulis, maka tidak ada salahnya anda mengasah kemampuan menulis anda dengan membuat sebuah karya tulis, cerpen, ataupun novel. Sebenarnya hampir semua hobi bisa menghasilakn uang untuk kita jika kita mau melakukannnya. Selamat mencoba memulai usaha sampingan  dengan hobi dan keahlian anda.

5. Bisa Dilakukan Dimanapun dan Kapanpun Tidak Terikat Waktu

Nah kalau usaha sampingan jenis ini bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja. Yang masuk kategori ini adalah bisnis online. Tetapi tidak semua bisnis online dapat dilakukan tanpa ikatan waktu. Contoh bisnis model usaha sampingan ini adalah menjadi publisher adsense. Sebagai publisher tugas kita adalah mendatangkan traffic sebanyak-banyak ke website atau blog kita. Kita bekerjasa dengan google dalam program google adsense dengan menyediakan space iklan yang diberikan google. Nah kita akan mendapatkan penghasilan setiap ada orang yang mengklik iklan di blog kita. Cukup Simple bukan? Apalagi untuk saat ini, google adsense juga memberikan peluang penghasilan selain melalui blog, yaitu dengan adsense video youtube. Berita baiknya, peluang mendapatkan penghasilan lebih mudah dengan adanya adsense video.

Demikian tadi beberapa peluang usaha sampingan terbaik untuk karyawan. Selain sebagai karyawan, anda juga bisa menjadi bos di usaha yang anda miliki. Saat ini mungkin usaha tersebut menjadi sampingan bagi anda, tetapi bisa jadi beberpa waktu ke depan bisa menjadi pekerjaan utama anda. 
 
Sumber : http://www.masfrandy.com/2015/01/peluang-usaha-sampingan-terbaik-untuk-karyawan.html

Related Posts