Belajar Cara Memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java

BELAJAR BAHASA PEMMOGRAMAN JAVA

Khusus untuk kalian yang ingin membuat dan mengembangkan Aplikasi Android. Namun masih terkendala dalam logika pemrograman Java. Karena Android dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, intinya kita harus mengenali dan memahami dulu ,syntax(tata bahasa) dalam pemrograman Java. Belajar syntax bahasa java sama halnya ,saat kita ingin belajar grammar di bahasa inggris untuk berbicara. Seperti saat kita ingin ke luar negeri  ,minimal kita harus punya kemampuan bahasa inggris yang cukup ,untuk memahami budaya dan orang-orang sekitar.
A). Sekilas tentang Java


Java merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level) , artinya bahasa ini mudah dipahami oleh manusia pada umumnya , karena menggunakan bahasa sehari-hari manusia. Java dulu dibuat oleh perusahaan Sun Microsystems , yang sekarang dimiliki oleh perusahaan Oracle. Bahasa java mirip dengan bahasa C++ ,  namun dikembangkan agar mudah dipahami dan dipakai.Java menggunakan konsep OOP (Object Oriented Programming) ,artinya semua inti program dari Java yaitu mengacu ke sebuah Obyek. Java termasuk platform independent , yang artinya kalian bisa menjalankan dengan berbagai Macam OS(Sistem Operasi ) dan arsitektur komputer. Seperti pada perangkat Android dari Google ,dan Beberapa Aplikasi Desktop ,seperti program AntiVirus , program media player, Aplikasi Enterprise dll.


B). Keunggulan Java


  • Mudah dipelajari

Java memiliki salah satu keunggulan , yaitu mudah dipelajari oleh semua orang , karena syntax (tata bahasa ) yang mirip dengan bahasa manusia. Dengan banyaknya artikel atau tutorial yang membahas bahasa pemrograman Java di  Internet. Semakin memudahkan kita untuk pemula , untuk mempelajari semua hal yang ada di bahasa pemrograman Java.


  • Merupakan bahasa OOP

Salah satu alasan ,yang membuat Java begitu populer karena mempunyai konsep bahasa (OOP) Object Oriented Programming. Oleh karena itu , untuk mengembangkanya jauh lebih mudah , serta menjaga system tetap modular, flexible and extensible.


  • Banyaknya API

Java memiliki banyaknya  API (Application programming interface ) , yang siap dikembangkan untuk keperluan para programer Java.

C).  Konsep OOP :


Konsep di OOP (Object Oriented Programming) , memiliki beberapa Konsep salah satunya:

  • Class merupakan sebuah kerangka/model yang berfungsi untuk tempat menaruh,  dan mendeksripsikan variabel, method (perilaku ) dari sebuah obyek. Penamaan nama class diprogram ,harus sama dengan nama di struktur file  extention .java. jadi jangan salah. Contoh : class binatang ,class mobil ,class buah dll.


  • Object merupakan sebuah representasi dan instance dari Class. Object adalah sebuah inti dan wujud real dari sebuah Class. Contoh : dari class binatang ,kita bisa mengambil obyek , yaitu ,kucing,ayam,anjing dll.


  • Atribute merupakan sebuah unsur data yang ada di class, Atribut biasanya terdiri dari sebuah data,variabel,propertie dan field. Contoh dari class binatang bntng  , class mobil mbl ,dll.

  •  Method merupakan sebuah perilaku (behavior) dari sebuah class. Method terbagi menjadi dua jenis ,method void dan methon non void. Method void artinya method yang tidak mengembalikan nilai. Method non void sebaliknya method yang mengembalikan nilai. Contoh method void seperti : public static void main(String[] args)

      * (i) Atribut dan Method merupakan bagian dari Object
Atribute dan Behavior
Atribute dan Behavior

  • Encapsulation (Enkapsulasi) adalah suatu mekanisme membungkus suatu data (variabel) , agar tidak dapat di akses oleh class lain, dengan menggunakan modifier private atau protected (untuk Class Turunan).Di dalam konsep ini beberapa variabel akan disembunyikan oleh class lain ,dan hanya bisa di akses di main class ,dengan menggunakan method modifier public.
  • Inheritance (Pewarisan) adalah suatu proses dimana , suatu class yang bisa disebut super class ,dapat mewarisi sifat turunan ke dalam class turunanya yaitu sub class. Super class akan mewarisi nilai dari atribut atau behavior ke Class turunananya.
  • Polymorphism (Banyak bentuk )adalah suatu kemampuan yang dimiliki sebuah method ,yang memiliki nama sama ,namun dengan perilaku yang berbeda-beda. Kemampuan objek agar melakukan perilaku atau tindakan  yang secara konsep sama namun dengan cara yang berbeda-beda.
D)Modifier 

Modifier merupakan sebuah ijin hak akses untuk penggunaan suatu atribut atau method, pada suatu Package dan Class. Terdapat empat 4 jenis Modifier yaitu public ,private,protected ,no modifier. Contohnya nya kalian bisa melihat gambar berikut:

  • Public dapat di akses dari class yang sama,package yang sama ,subclass ,dan package lain.
  • Protected dapat diakses dari class yang sama ,package yang sama ,subclass, tapi tidak dapat diakses dari package lain.
  • Private hanya dapat di akses oleh class yang sama.
  • No Modifiers dapat diakses dari class dan package yang sama.
Contoh Program Java :

latihan1.java

DATA HOSTED WITH ♥ BY PASTEBIN.COM - DOWNLOAD RAW - SEE ORIGINAL
  1.  
  2. package latihan1;  // nama package latihan1
  3.  
  4.  
  5. import latihan2.latihan2;
  6. //import class bernama latihan dua dari package lain bernama latihan2
  7.  
  8.  
  9. /**
  10.  * @author FATHUR (okedroid.com)
  11.  */
  12. public class latihan1 { //nama class latihan1 dengan modifier public
  13.  
  14.     /**
  15.      * @param args the command line arguments
  16.      */
  17.     public static void main(String[] args) {
  18.        
  19.         latihan2 lth = new latihan2(); //setiap statement selalu diakhiri ;
  20.         //membuat obyek baru dengan variabel lth dari class latihan2
  21.         //yang berada di package lain bernama package latihan2
  22.        
  23.        lth.tampilhello();//setiap statement selalu diakhiri ;
  24.        //memanggil method void bernama tampillhello()
  25.        //dengan variabel lth yang baru dibuat
  26.        
  27.        
  28.        
  29.     }
  30.    
  31. }


latihan2.java

DATA HOSTED WITH ♥ BY PASTEBIN.COM - DOWNLOAD RAW - SEE ORIGINAL
  1.  
  2. package latihan2; // nama package latihan2
  3.  
  4. /**
  5.  *
  6.  * @author FATHUR (okedroid.com)
  7.  */
  8. public class latihan2 { //nama class latihan2
  9.    
  10.     public void tampilhello ()  
  11. //method void dengan nama tampillhello()
  12.  //sehingga dapat di akses oleh package lain
  13.     //menggunakan modifier public agar dapat diakses oleh package lain      
  14.     {
  15.         System.out.println("Hello Java!!"); //setiap statement selalu diakhiri ;
  16.         //obyek cetak text dengan tipe data string Hello Java
  17.     }    
  18.    
  19. }


Output:

Hello Java !!




Dasar Syntax Java:

Dasar dari penulisan syntax dalam bahasa pemrograman Java ,yang perlu kalian ketahui salah satunya adalah :


  • Bersifat Case Sensitivity : artinya penamaan dari kata "HelloWorld" dengan "helloworld" sangat berbeda.
  • Nama Class :  untuk nama class huruf pertama harus  menggunakan huruf besar. (contoh :  class NamaClass )
  • Nama Method : untuk nama method huruf pertama harus menggunakan huruf kecil. ( contoh : public void namaMethodSaya()  )
  • Nama Program :  nama program java harus sama dengan nama class. Jadi jika kalian mempunyai nama class NamaClass , program file harus sama dengan nama class yaitu NamaClass.java.
SUMBER : OKEDROID

Related Posts